Belajar Bahasa Mandarin Yuk!

Rabu, 27 Maret 2013

| | |

Nimen Hao! Mungkin kalian pernah mendengar ucapan tadi, ucapan yang saya sebutkan tadi adalah ucapan hallo atau hi dalam bahasa mandarin, dalam tulisan saya kali ini saya akan membahas tentang asiknya belajar bahasa Mandarin, saya di sini bukan untuk mengajari atau memberi les online kepada pembaca sekalian (nanti di tulisan ini saya akan berikan link untuk les bahasa mandarin online) karena saya pun baru belajar, saya hanya akan menceritakan pengalaman belajar bahasa mandarin dan alasan mengapa kita harus mempelajarinya. Untuk itu langsung saja di baca tulisan saya berikut. Selamat membaca!

Mandarin adalah bahasa resmi PBB, itulah yang menggerakkan saya untuk belajar bahasa ini karena kebetulan saya adalah mahasiswa hubungan internasional, dan tentunya akan banyak bersinggungan dengan  bahasa asing salah satunya bahasa mandarin yang juga ada mata kuliahnya di semester ke dua di jurusan saya. Saat ini ada lima bahasa resmi yang dipakai PBB dalam sidangnya selain bahasa Inggris, diantaranya adalah bahasa Arab, bahasa Rusia, bahasa Prancis, bahasa Spanyol, dan tentu saja bahasa Mandarin.

Cina sebagai Negara adi daya, kita tahu dimasa krisis Eropa dan Amerika saat ini muncul kekuatan baru di asia yaitu Cina dan India, Cina yang memiliki penduduk terbanyak di dunia (lebih dari 1 Milyar) adalah Negara dengan ekonomi yang maju, banyak sekali perusahaan cina di berbagai negara, termasuk Indonesia dan dengan kata lain kebutuhan akan bahasa mandarin untuk dunia bisnis semakin meningkat, contohnya laoshi (guru dalam bahasa Madarin) saya di universitas dia mendapat beasiswa dan ke Taiwan dan sekarang menjadi dosen di universitas tempat saya belajar sekarang, contoh lain adalah laoshi yang mengajar ditempat les bahasa mandarin yang saya ikuti, dia masih berstatus mahasiswa namun dia sudah bisa menghasilkan uang dengan mengajar les, dan dia juga sudah mendapat tawaran untuk menjadi translator ketika dia lulus nanti (yang saya tahu gaji translator minimal 10 jt).

Cina memiliki kebudayaan yang tinggi, mungkin banyak orang sudah tahu bahwa peradaban Cina merupakan salah satu peradaban tertua di dunia, negara ini punya sejarah yang panjang dan mengesankan. Bahasa Mandarin adalah bahasa terumit yang masih tersisa di dunia (setelah bahasa Babilonia punah), ini ditunjukkan dengan penggunaan nada baca yang jika beda nada baca maka artinya pun akan berbeda, juga tulisan Cina yang tidak bisa dieja atau dengan kata lain kita harus menghafal setiap tulisan dari kata-kata Cina.

Orang Cina banyak diamana-mana, diaspora Cina termasuk diaspora yang terbesar di dunia, banyak sekali keturunan orang Cina di berbagai penjuru dunia, contohnya kita bisa lihat di Indonesia etnis Cina adalah etnis ketiga terbesar setelah Jawa dan Sunda. Dengan kata lain kita bisa melatih bahasa Mandarin dimanapun kita berada.

Banyak film dan lagu Mandarin, kita pasti mengenal Jackie Chan atau Jet Li dalam film-film yang sering kita lihat ditelevisi, mereka adalah artis-artis Mandarin yang sudah mendunia, film-film mereka sudah ditayangkan di berbagai Negara, juga lagu-lagu pop mandarin yang terkenal sebagai lagu terbagus di Asia, meskipun di Indonesia tidak terlalu terkenal jika dibandingkan lagu Korea atau pun Jepang.

Mungkin sekian dari saya, sebetulnya masih banyak alasan yang bisa meyakinkan kita untuk belajar bahasa mandarin, meskipun sulit namun dengan niat yang kuat maka semua itu akan menjadi mudah.

Seperti yang saya janjikan di awal postingan saya akan memberikan link yang menyediakan les bahasa Mandarin online ini dia linknya: http://www.chineseclass101.com/ link ini gratis dan cukup membantu dengan audio dan video mulai dari level absolute bigginer sampai dengan advance. Selamat belajar bahasa Mandarin! Zai jian!

1 komentar:

haloriah mengatakan...

lagu2 yang enak untuk belajar bahasa mandarin apa ya? punya referensi gak?

Posting Komentar